Curahan Hati Seorang Penulis

Mengenal Pariwisata Mangrove di Kota Surabaya

Pariwisata Mangrove merupakan salah satu oh pariwisata padang gurun di Surabaya. Terletak di Surabaya Timur.

Wilayah ini terbentuk sebagai hasil sedimen dari sistem sungai sekitarnya dan pengaruh laut. kondisi daerah delta dengan tanah aluvial merupakan Habitat yang baik untuk pembentukan ekosistem mangrove.

Secara geografis dan ekologis, wilayah ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi Kota Surabaya. Salah satu fungsi adalah untuk mencegah ancaman intrusi air laut.

Keberadaan hutan mangrove juga memiliki fungsi menetralisir limbah, khususnya logam berat yang masuk ke laut. Sementara itu, kita juga bisa menikmati keindahan hutan mangrove dengan jejak menyusuri sungai ke mulut laut dari Madura selat.

Keberadaan hutan mangrove ini dapat ditarik kedatangan spesies 147 burung. spesies 84 burung yang konstan, yang 12 spesies itu termasuk spesies yang dilindungi.

Spesies tidak hanya unggas air seperti kuntul perak, pecuk hitam, mandar padi, mandar batu, dan kowak Malam. Hutan ini juga menjadi tempat ribuan burung migran setiap tahun. Ada 44 spesies burung migrasi yang datang di hutan Mangrove di Surabaya. Kebanyakan dari mereka burung yang berasal dari Autralia ke Eropa.

Lokasi:
– Kelurahan Wonorejo
– Kelurahan Gunung Anyar

*surabaya.go.id
Share: