Curahan Hati Seorang Penulis

5 Makanan Tradisional Kota Surabaya

Surabaya memiliki makanan tradisional diantaranya adalag semanggi Suroboyo.

1. Semanggi Suroboyo

Semanggi adalah tergolong tanaman paku berdaun 4, Bahasa Inggrisnya Marsilea. Semanggi sudah tidak asing untuk di dengar, karena semanggi sekarang sudah banyak untuk nama sebuah mall, apartement, plaza semanggi di Jakarta. Di Surabaya beda dengan di Jakarta, semanggi.

2. Sate Klopo

Klopo yang berarti kelapa ini menjadi nama sate yang memang dibalut dengan kelapa parut. Sajian yang terbuat dari daging sapi ini dapat Anda nikmati dengan potongan ketupat atau lontong atau dapat juga dinikmati dengan nasi putih bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah salah satu jenis makanan tradisional khas dari Jawa Timur terutama kota Surabaya. Rujak cingur biasanya disajikan dengan perpaduan buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang dicampur yaitu nanas, mangga, bengkuang, kedondong, timun dan kangkung atau.

4. Lontong Balap

Memperkaya pilihan Legenda Kuliner Nusantara, Lontong Balap adalah salah satu jenis makanan kebanggaan khas Jawa Timur. Dinamakan lontong balap karena dahulu pedagang lontong berjualan di satu tempat dengan bergantian memakai peralatan, dengan selalu ingin cepat.

5. Rawon

Rawon sendiri merupakan makanan yang cukup khas, salah satu bumbu yang tidak boleh terlewat saat membuat rawon adalah kluwak. Kluwat atau dalam bahasa Indonesia di sebut dengan Kepayang merupakan buah dari tumbuhan setengah liar yang mudah kita dapatkan, kluwak...

*Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya.
Share: