Curahan Hati Seorang Penulis

Apakah Boleh Olahraga Malam Hari

Apakah olahraga malam hari sama sekali tidak boleh?

Olahraga malam hari sebetulnya tidak dilarang. Kita disarankan tetap melakukan olahraga seperti biasa, namun melambatkan ritme dan mengurangi intensitasnya. Berolahraga di malam hari dengan kecepatan dan daya yang jauh lebih lambat, akan membuat tubuh jadi mudah mengatur detak jantung, pernapasan dan menjaga kadar hormon tetap normal.



Selain itu, jangan lupakan pemanasan dan pendinginan setelah berolahraga. Pemanasan sangat berguna untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu mempersiapkan tidur lebih nyenyak setelahnya.

Untuk melihat hubungan antara jenis latihan, kebugaran setelah olahraga, dan pola tidur sehari-hari, kita bisa membuat catatan untuk membandingkan efeknya. Hasil perbandingan antara olahraga malam dan dampaknya ke tubuh bisa dijadikan acuan yang tepat untuk mengatur aktivitas sehari-hari.

Kita pun bisa mengubah dan menyesuaikan latihan saat berolahraga. Jika tidak ada efek merugikan, kita bisa melanjutkan kebiasaan olahraga malam hari dengan porsi latihan yang pas dan menjaga asupan makanan agar tidak menimbulkan risiko lain nantinya.

sumber:
kompas.com
Share: