Curahan Hati Seorang Penulis

Tips Mencegah Depresi dan Penuaan Otak

Menurut dr. Ellen, untuk mendiagnos depresi, seseorang harus menjalani wawancara langsung dengan dokter spesialis psikiatri, karena mood penderita dapat langsung dinilai.

Sedangkan untuk pengobatan depresi dapat dilakukan dengan obat-obatan dan terapi berupa konseling dengan dokter spesialis psikiatri. Semuanya tergantung pada berat tidaknya kondisi depresi yang dialami.

Menurut dr. Ellen, pengobatan pasien dengan depresi harus tepat sasaran. Keamanan pasien juga harus terjamin. Selain itu, pemeriksaan diagnostik yang lengkap harus juga dilakukan. Ketiganya merupakan rencana pengobatan secara menyeluruh.

Tidak hanya mengatasi gejala tetapi juga mengatasi penyebab dari depresi itu sendiri. Untuk lamanya penggunaan obat antidepresan tergantung dari keparahan kondisi pasien.

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan otak, maka sebisa mungkin, kelolalah stres dengan bijak, agar terhindar dari depresi. Kondisi depresi yang mengganggu mental bisa mengakibatkan penuaan pada otak.

Jadi, jangan sampai beban pikiran membuat Anda terganggu. Jalankan pola hidup sehat, agar tubuh dan otak pun senantiasa sehat.

sumber:
jpnn.com
Share: