Curahan Hati Seorang Penulis

Apa itu Orasis Art Gallery ?

Orasis Art Gallery adalah salah satu galeri seni yang terletak di kawasan bisnis Surabaya Barat, Jawa Timur. Dimana di sekitar lokasi galeri terdapat kampus UNESA yang memiliki jurusan Seni Rupa, mall, perkantoran, apartemen dll. Letaknya yang strategis membuat galeri ini mudah diakses baik bagi pengunjung dari luar kota maupun dari Surabaya sendiri.

Galeri yang diresmikan tahun 2005 ini sebenarnya bukanlah galeri yang baru berdiri kemarin sore, melainkan hasil metamorfosis dari Pelangi Nusantara Art Gallery yang berdiri 20 September 2002. Dibangun di atas dua buah ruko yang digabungkan dan terdiri dari 3 lantai, galeri ini memiliki area ruang pamer ber-AC seluas ± 675 m2.


Dengan didukung lighting yang sesuai dengan standard pameran.
Suasana galeri yang nyaman dan staff galeri yang ramah sering membuat betah pengunjung yang terdiri dari seniman, kolektor, kurator, mahasiswa & pelajar, pecinta seni dan masyarakat umum. Apalagi disini juga dilengkapi perpustakaan dengan berbagai koleksi yang berkaitan dengan dunia seni.

Pameran-pameran yang diadakan sebagian besar merupakan hasil seleksi antara pemilik galeri dan kurator independen. Dengan demikian karya-karya yang dipamerkan adalah karya yang bermutu dan bisa mendapatkan apresiasi yang baik di dunia seni rupa maupun masyarakat umum.

Ibu Elizabeth Y. Yuliawati sebagai owner, memilih kata Orasis yang dalam bahasa Yunani berarti ‘melihat lebih dalam’ tidak sekedar melihat dari penampilan luarnya saja. Dalam kaitan inilah Orasis dimaksudkan sebagai sebuah mata yang mampu secara “dalam” menembus jauh ke depan terhadap bidang yang ditekuninya.

“Ke-dalam-an” ini tentu diartikan pada kata sifat, yakni: mau belajar, mau mengerti, mau mendengar yang pada akhirnya menuju sifat kearifan sikap. Dengan bekal inilah logo “mata” dimaksudkan sebagai sikap arif, bijaksana dalam menapaki langkah ke depan, dan ikut berpartisipasi dalam memajukan seni rupa di Jawa Timur khususnya maupun seluruh nusantara pada umumnya.
Share: