Curahan Hati Seorang Penulis

Pentingnya Menjaga Pola Tidur

Siklus ini akan terus berputar selama akar masalahnya, yakni kualitas dan kecukupan waktu tidur, tidak diperbaiki. Salah satu cara untuk memperbaiki pola tidur adalah dengan membiasakan diri untuk selalu bangun dan tidur di jam yang sama.

Secara perlahan, tubuh akan beradaptasi dengan siklus tidur yang baru dan akan mengembangkan jam biologisnya sendiri.

Tanda bahwa tubuh sudah mempunyai jam biologis yang tetap, yakni saat Anda mampu bangun di jam yang kurang lebih sama setiap harinya tanpa bantuan alarm dan sejenisnya. Ini artinya tubuh Anda telah cukup tidur.

Lalu, berapa durasi tidur yang dianggap cukup? Selaras dengan hasil studi di Jepang, maka durasi tidur terbaik yakni antara 6-8 jam per hari, tidak kurang dan tidak lebih. Hal ini berlaku umum baik untuk yang mengalami diabetes maupun yang tidak.

Mulai sekarang, coba perhatikan pola tidur Anda. Apakah durasinya cukup dan kualitasnya baik, dalam arti Anda bisa tidur dengan nyenyak dan bangun dalam keadaan segar?

Jika belum, segera perbaiki agar kontrol gula darah tetap baik. Dengan begitu, komplikasi diabetes dapat dicegah dan Anda pun tetap produktif.

sumber:
jpnn.com
klikdokter.com
Share: