Curahan Hati Seorang Penulis

7 Museum di Kota Surabaya

Ada beberapa museum yang ada di Surabaya. Misalnya saja museum Surabaya. Museum Kota Surabaya ini berisi 1.000-an benda-benda bersejarah dalam kaitan perjalanan Kota Surabaya yang berada di lantai I gedung SIOLA dibuka mulai 3 Mei 2015.

Koleksi Museum Surabaya antara lain mulai dari arsip kependudukan sejak tahun 1837, baju Dinas Pemadam Kebakaran sejak zaman Belanda, juga alat transportasi seperti dua becak yang berwarna biru dan putih

Salah satu “corner” di Museum Surabaya yang menjadi favorit pengunjung adalah deretan foto wali kota Surabaya dari mulai Wali Kota Surabaya pertama, Mr A Meyroos, yang menjabat pada 1916 hingga 1920, sampai era Wali Kota Tri Rismaharini.

Inilah museum-museum di kota Surabaya.

1. Museum Kesehatan.
2. House of Sampoerna.
3. De MATA Trick Eye Museum.
4. Museum Yos Sudarso.
5. De Javasche Bank Museum.
6. Museum Perjuangan 10 Nopember.
7. Museum Surabaya.

Museum Sepuluh Nopember dibangun untuk memperkuat keberadaan Tugu Pahlawan bangunan museum terdiri dari dua lantai lantai satu digunakan untuk pemeran 10 patung yang melambangkan bentuk Semangat perjuangan rakyat Surabaya.

Tak hanya itu, ada orasi Bung Tomo di lantai dua ruang auditorium merupakan Ruang pameran senjata dan foto-foto dokumenter dan lokasi peninggalan Bung Tomo.

Museum Perjuangan 10 November didirikan untuk memperingati upaya heroik Surabaya selama pertempuran melawan pasukan sekutu
Share: